Jadi Makanan Kekinian yang Populer dan Favorit, Ternyata Begini Loh Sejarah Strudel

Terakhir diperbarui: 9 Sep 2022  |  65 Tinjau  | 

sejarah_strudel

Dewasa ini ada telah hadir berbagai jenis makanan kekinian yang menjadi favorit banyak kalangan, misalnya seperti lava cake, garlic cheese bread, dessert box, hingga yang gurih seperti jamur crispy. Aneka makanan kekinian tersebut didominasi oleh makanan dari luar negeri yang akhirnya dimodifikasi sesuai selera lidah Indonesia. Tak ketinggalan, satu lagi makanan kekinian yang menjadi favorit banyak orang, yakni strudel.

Berbicara tentang strudel, yang akan terpikir di kepala tentunya sebuah makanan ringan yang berasal dari luar negeri. Yap, benar sekali! Strudel memang makanan yang berasal dari bahasa Jerman, yakni struːdəl. Dulunya, strudel merupakan jenis hidangan populer pada abad ke-18 dan menjadi hidangan favorit di Kekaisaran Habsburg. Strudel yang berbentuk pastry berlapis dengan berbagai macam isian manis ini dianggap sebagai makanan tradisional di seluruh wilayah bekas Kekaisaran Austria-Hongaria.

Walaupun waktu telah berlalu ratusan tahun, resep tradisional strudel sejak tahun 1696 masih tersimpan rapi di Perpustakaan Kota Wina dalam sebuah buku masak yang ditulis tangan. Resep-resep tradisional tersebut merupakan turunan dari pastry-pastry Timur yang jika dilihat proses pembuatannya, tampilannya mirip dengan baklava, hidangan pastry dari Turki.

Kendati telah melewati sejarah yang panjang, saat ini hidangan strudel pun telah dimodifikasi menjadi berbagai varian rasa. Diantaranya hadir dengan isian rasa manis seperti apel, coklat, pisang, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, saat ini juga hadir salah satu inovasi rasa strudel yang paling unik dan menjadi pelopor pastry terlaris, yakni Strudel Sei Sapi yang hanya tersedia di Jumbo (Jumpa Bogor) Bakery.

Saat berada di Bogor, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjadi pastry berlapis khas Austria yang memiliki aneka macam isian yang perpaduannya memunculkan rasa unik khas Bogor. Terdiri dari rasa asin, gurih, dan manis yang saat dimakan akan menghasilkan berbagai rasa dalam sepotong strudel, di antaranya ada rasa Sei Sapi, Apel, Bakso, Martabak, dan Keju Cranberry. Namun, dari semua rasa tersebut, rasa Sei Sapi merupakan varian yang menjadi andalan dan satu-satunya di Bogor sehingga menjadi favorit wisatawan.

Mengapa menjadi favorit? Strudel Sei Sapi Bogor memiliki keunggulan soal rasa dan pengolahannya. Yakni dengan menggunakan kayu dari pohon kesambi yang akan menimbulkan aroma wangi yang khas saat proses pengasapan. Selain itu, Strudel Sei Sapi Bogor juga menggunakan pastry buatan rumahan atau homemade pastry yang pastinya lebih buttery dan gurih. Tidak heran jika strudel mereka selalu laris setiap harinya. Gimana? Udah kebayang belum alasan kenapa kamu harus cobain Strudel Sei Sapi ini? 

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis